Resep Korean Bowl

Korean Bowl by IMA VANDAM

Korean bowl adalah masakan korea yang disajikan dalam mangkok  πŸ˜‰ aku belajar masakan ini dulu sewaktu di Taiwan menantu bosku asli orang Korea jadi aku belajar dari dia 👍 langsung aja yuk simak resepnya di bawah ini πŸ˜‰

Bahan-bahan dan Bumbu :


200 gram daging sapi cincang (boleh ganti dg daging ayam/daging kambing,boleh juga pake tahu untuk yg vegetarian)

3 buah bawang putih di cincang

1 ruas jari jahe di parut

50 gram wortel di parut dg parutan keju 

50 gram zhuccini di parut juga

1 genggam daun bawang dipotong-potong

1 genggam biji wijen (di sangrai)

Chilli flake secukupnya

Kecap asin secukupnya

Kecap manis secukupnya

gula secukupnya

3 sdm minyak wijen

1 sdm minyak zaitun

1 sdm tepung

CARANYA :

bumbui daging dg kecap asin,minyak wijen dan tepung tambahkan separuh potongan daun bawang (aduk rata) sisihkan.



Panaskan 1 sdm minyak di teflon/wajan kemudian tumis bawang putih dan jahe hingga wangi, masukkan wortel,zhiccini dan daging yg sudah dibumbui aduk rata…masak dg api sedang hingga berubah warna. Tambahkan kecap asin dan kecap manis secukupnya kemudian tambahkan gula dan chilli flake test rasa…tambahkan penyedap rasa bila suka πŸ˜‰ *aku gak pake msg. Masak hingga matang 4-5 menit.

Bahan sayuran :

Daun kale, kecambah kedelai,wortel dan zhuccini dan jamur.

2 siung bawang putih dipotong-potong

1 sdm minyak zaitun

2 sdm saos kimchi

Gula dan garam secukupnya

Caranya :

Tumis bawang hingga wangi masukkan sayuran aduk rata tutup teflon 3 menit. Kemudian masukkan saos kimchi gula garam secukupnya. Masak hingga matang πŸ˜‰

NB : boleh serve dg nasi/mie sesuai selera. *aku pake couscous 👌

Sajikan masakan di atas dalam wadah mangkok 👍

Dan…korean bowl pun sudah siap di sajikan 😋 jangan lupa taburi dg biji wijen yg sudah di sangrai dan daun bawang 😍


Selamat mencoba πŸ˜‰

Advertisements

Bebek panggang bumbu oporΒ 

Bebek panggang bumbu opor

Masakan ini gampang sekali pertama-tama bikin bumbu opornya πŸ˜‰

Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, jinten, merica, kemiri,daun jeruk purut dan daun salam. Garam dan gula secukupnya.

Tumis bumbu yg sudah dihaluskan serta daun jeruk dan daun salam. Tambah garam dan gula secukupnya.

Iris-iris bagian kulit bebek kemudian olesi dg bumbu opor

Panggang dalam oven dg suhu 200derajat selama 50-60menit bolak balik kedua sisi.

Sayurnya aku pake kubis ungu untuk bikin sayur urap.



60 menit kemudian bebek panggangku krispi banget 😍

Bebek panggang bumbu opor

Bebek panggang bumbu opor siap disantap 😋

Bebek panggang bumbu opor serve with mix grain (brasmati rice, lentil dan couscous) . Kubis ungu sayur urap dan lalapan timun dan tomat pake sambal tomat 😋 yummmm….enaaaak 👍

Selamat menikmati 😅

Resep wellington pieΒ 

Halo pembaca apa kabarnya ? Pengen nyoba english food / makanan khas Inggris ? Yup… makanan khas inggris tuh biasanya berupa roasted food dan berbagai macam pie serta puding.

Hari ini aku coba bikin english food yaitu Wellington pie 😍 yuk mari di simak resepnya πŸ˜‰ 

Wellington pie ala Mrs.Van dam πŸ˜‰

Ems…yummy 😋

Bahan-bahan :

Bahan kulit pie,

9 sdm tepung terigu
1/4 sdt garam

75 gram mentega / butter

75 ml minyak zaitun / minyak sayur

Susu cair / air dingin secukupnya 

Cara bikin kulit pie :


Campur semua bahan, uleni sampai menjadi adonan kemudian bagi dua dan giling hingga tipis.


Olesi dg mentega kemudian lipat dan giling lagi,


Ulangi hal ini beberapa kali supaya kulit pie berlayer, Sisihkan.

Bahan isian,


200 gram daging sapi giling
50 gram kacang kapri beku

1 butir telur dikocok 

4 buah jamur di potong-potong

2 buah bawang putih cincang

1 buah bawang bombay potong-potong

1 buah kentang potong dadu

1 buah wortel potong dadu

garam ,lada dan gula secukupnya

air secukupnya

minyak goreng untuk menumis

caranya :

Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, masukkan wortel, kentang dan jamur. Tumis hingga layu kemudian tambahkan sedikit air, aduk-aduk dan tutup wajan/teflon biarkan 3-5menit hingga wortel dan kentang cukup empuk. Tambahkan garam, gula dan lada secukupnya, sisihkan hingga cukup dingin. *bila biasa pakai micin/penyedap rasa silahkan di tambahkan sesuai selera anda πŸ˜‰

Campur semua bahan isi (bahan yg sudah ditumis juga) gunakan setengah telur kocok *yg setengah lagi nanti untuk olesan πŸ˜‰


Setelah di campur rata, bentuk adonan isi sesuai selera, sekiranya kulit pie cukup untuk membungkusnya πŸ˜‰


Kemudian taruh di atas kulit pie,


Tutup dg kulit pie satunya,


Tekan-tekan bagian pinggirnya hingga isian tertutup rapi, potong kelebihan kulit pie.


Sebenarnya setelah dipotong pinggirnya bisa langsung di oven. Tapi aku suka mempercantiknya dg memelintir tepi pie 😍


Masukkan ke dalam oven dg suhu 240 derajat selama 40-60 menit.


10 menit pertama keluarkan pie dari oven kemudian olesi dg campuran telur dan mentega,

Masukkan ke dalam oven lagi dan 10 menit kemudian olesi dg sisa olesan.


Masukkan ke dalam oven lg 30-40 menit / hingga kulit pie kecoklatan.


Pie siap dihidangkan 😋


Wellington pie by Mrs.Van dam 😋

Biasanya pie ini dihidangkan dg saos tapi suamiku minta saosnya di masak dg sayuran πŸ˜‰ 

selamat mencoba πŸ˜‰



Resep Bakso Sehat Kaya Serat !

similar post klick here

20160824_092013.jpg
penampilan Bakso buatanku udah kayak bakso abang-abang pinggir jalan kan 😅

Kenapa aku kasih judul Bakso sehat kaya serat? karena pada umumnya bahan bakso ini memakai tepung kanji yg sangat tidak baik untuk pencernaan , dan aku tidak memakai msg . oke deh lanjut baca…

Bahan-bahan bakso sehat kaya serat :

20160823_105728.jpg20160823_110803.jpg

500 gram daging sapi (lessfat)

1/2 sdt baking soda

air es secukupnya

garam secukupnya

es batu secukupnya (aku pake stock kuah kaldu sapi aku bikin sendiri dan aku freezer)

200 gram oat (merk apa aja) di blender biar jadi halus kayak tepung.

20160824_092544.jpg
aku pake oat ini

Bahan-bahan kuah :

tulang sapi seperti di foto di bawah ini,

20160823_101322.jpg
tulang sapi di blanch di air panas biar kuah bakso bersih
20160823_095525.jpg
ini setelah di blanch dan di cuci
20160823_100706.jpg
20 siung bawang putih dan merica secukupnya (aku pake merica bubuk)
20160823_100909.jpg
di uleg/di blender (bagi dua yg separuh untuk kuah yg separuh untuk bakso)

Cara bikin kuah :

masukkan bumbu yg di haluskan dan Tulang yg sudah di balnch kedalam panci , tambahkan air secukupnya dan masak kira-kira 2-3 jam bila pake panci biasa, aku pake pressto cooker cukup 1 jam saja.

20160823_101353.jpg
kuah bakso aku masak pake pressto cooker

dan ini wujud tulang setelah 1 jam di pressto,

20160823_115100.jpg
tulang setelah 1 jam di pressto

ambil bagian uratnya bisa buat isian bakso urat,

20160823_122514-1.jpg

Cara bikin bakso :

masukkan semua bahan (daging, oat yg sudah di blender,baking soda,bumbu yg di haluskan,dan es batu yg di hancurin,serta garam secukupnya),

aku gak punya food processor jadi pake mixer saja 😅 πŸ˜‰

mixer hingga tercampur rata dan tambahkan air es hingga adonan cukup kenyal,

20160823_122509.jpg
campur semua bahan
20160823_122944.jpg
ini hasilnya sebelum di kasih air es
20160823_124106.jpg
ini setelah di kasih air es

mari kita bentuk baksonya,

Caranya siapkan air yg mendidih dalam panci, kemudian kecilkan api (saat memasukkan adonan bakso air tidak boleh mendidih) supaya bakso mateng pelan-pelan mengapung dalam air yg panas tapi tidak mendidih dg begitu hasil baksonya akan sangat kenyal !

20160823_130121-1.jpg
bulet-buletin pake tangan
20160823_130145-1.jpg
gunakan sendok untuk memasukkan bakso ke dalam air panas
20160823_141546.jpg
biarkan sekitar 15 menit supaya matang

dan ini dia setelah mateng,

20160823_132405.jpg
textur baksonya berlubang-lubang pertanda baksonya kenyal top markotop !

dan ini bakso uratnya,

20160823_131658.jpg
gede banget ya…mantaaap ! 😍

cara penyajian :

ambil kaldu rebusan tulang secukupnya rebus hingga mendidih…tambahkan garam secukupnya, goreng bawang merah secukupnya, dan cincang daun seledri secukupnya, rebus mihun secukupnya (aku tambahkan dumpling buatanku sendiri)

20160824_092013.jpg
dan inilah penyajian bakso sehat kaya serat ala nyonya Vandam 😋

selamat mencoba ! πŸ˜‰

Gudeg Jogja (pertama kalinya bikin gudeg)

Similar post here

Gudeg komplit ala imavandam

Minggu lalu tiba-tiba pengen makan gudeg 😅 satu-satunya cara ya kudu masak sendiri 😆 selama ini belum pernah masak gudeg jadilah aku nyari resep gudeg di pinterest bacanya sampe gimana gitu membayangkan masak gudeg yg original memakan waktu hingga 8 jam ? Omg 😅 

berhubung gak nemu nangka muda yg fresh kayak di pasar-pasar di indonesia, aku pun nyoba pake nangka kaleng yg kebetulan aku liat di toko asia…dan berikut bagaimana aku mengolahnya hingga menjadi gudeg 😆


Nah itu lah bahan-bahannya, ada nangka muda kalengan, bawang merah *aku pake bawang bombay, bawang putih, kemiri, daun salam dan daun jeruk aku pake yg kering, serreh aku pake yg powder 😅, ketumbar dan lengkuas jg pake yg powder *seadanya senemunya 😅 untuk perasa aku pake garam dan gula.

Nguleg eh ngeblender yak 😆

gak pake nguleg pake hand blender serrrrr gak 1 menit udah beres 😅

Oh ea daun salam dan daun jeruk gak aku uleg eh blender 😅 cukup di masak bareng…oh ea di resepnya yg aku ikutin masak gudeg tuh bumbunya gak usah ditumis tapi langsung di masak bareng nangkanya. Aku masak sekitar 30menit berhubung nangkanya udah empuk dari kalengnya…trus aku gak suka gudeg yg superrr manis…jadi disesuaikan dg lidahku saja, lha setelah di icip rasanya mantaaap 😋 tapi warnanya kok pucat trus…ssssstttttt…aku kasih kecap hitam 😅 barulah keliatan gelap ala-ala gudeg di warteg 😆

 Tadinya gak hancur kayak fotonya ini…cuma di pinterest liat gudeg wujudnya pasti hancur gitu…ya aku aduk-aduk sampe hancur 😅 trus pengen gudeg klomplit kayak di pinterest gituh ada sambal kereceknya ada ayamnya dan jg ada telur *sambal kereceknya aku pake kentang goreng,tahu goreng dan tempe rasanya mantap lah dan gak pedas juga, trus ayamnya klo di pinterest di masak opor nah punyaku tak grill aja 😅 telurnya direbus saja trus di goreng dan belah dua cukup deh buat aku separuh buat suamiku separuh 😆 dan tambah oseng-oseng sayur *hasil panen dari kebun sendiri 😍 dan beginilah gudeg komplit ala imavandam 😍


Seru banget masak masakan nusantara tuh ribet tapi rasanya juara 😋 #lidahudik bin #lidahkampungan ya begini dah 😅

Have a nice day everyone πŸ˜‰

Cara membuat LONTONG Bule

resep Ayam isi di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/06/02/resep-ayam-isi/

aku kasih nama Lontong ini Lontong Bule πŸ˜€ karena bungkusnya pake foil dan bikinnya di negara Bule L πŸ˜€ L

Lebaran sebentar laaagiiii !!! nah biasanya neh kalau Lebaran kan pasti ada hidangan khas se Indonesia rata-rata sama deh apa tuh?! ah sudah pada tau deh biasanya Lebaran pasti ada “ketupat” atau “Lontong” taukan bedanya? kalau ketupat bungkusnya pake janur kalau lontong sebagian pake daun pisang sebagian pake plastik, nah untuk versi oarang-orang UDIK/Kampungan seperti diriku ini yg lagi berada di England, alamaak nyari daun pisang susah banget! Di daerahku Inggris selatan bisa beli daun pisang di toko asia cuma..mahal cyiiiinnn trus jauh pulak jadi berhubung Orang udik / orang kampungan seperti aku ini lidahnya tetap udik bin kampungan, pasti sering kangen dg makanan khas Indonesia seperti soto, opor, rendang, dll yg biasanya makanan khas ini ditemenin si “Lontong” ^__^Β ugh! kok malah bercerita sih kan mau berbagi “Cara membuat Lontong” πŸ˜€

Oke deh untuk Kalian para lidah Udik yg ada di luar Indonesia khususnya menjelang lebaran ini aku akan berbagi cara membuat lontong menggunakan alumunium foil / kitchen foil !

20160630_200525.jpg

mang bisa ya? bikin lontong pake alumunium foil? pasti ada yg bertanya-tanya…yuk mari simak caranya…

*cuci beras dan masak menggunakan panci takaran perbandingan beras dan air adalah 1:1 (bila beras 1cup, airpun 1 cup)

*masak dg api sedang aduk sesekali supaya tidak gosong, setelah air menyusut tp tidak benar-benar kering, matikan api

*tutup panci dan biarkan 15 menit supaya tanet (gak tau apa kata lain tanet ya? maksudnya itu biar g becek gitu) “nasi ini hanya setengah matang”

*siapkan alumunium foil ukuran sesuai yg di inginkan

*isi foil dg nasi, kemudian gulung seperti membungkus permen

*potong kedua ujungnya biar nanti kalau direbus bisa muat pancinya

*tusuk-tusuk seperti halnya bikin lontong pake bungkus plastik

*rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan nasi yg sudah di bungkus, (aku pake rice cooker karena males nungguin kompor πŸ˜€ )

*pastikan bungkusan foil ini berenang di panci (maksudnya airnya menutupi semua permukaan foil)

*rebus selama 2-3 jam dg api kecil…dan,

taraaaaa…lontongnya sukses ! ^__*

20160522_173013.jpg
lontongnya cantik dan mulus kenyal duh πŸ˜€

Lontongpun siap di santap dg masakan apapun pilihan anda…soto, opor, rendang, sate, gado-gado dan lain-lain *__*

20160522_175243.jpg
Soto ayam yummyy dg Lontong
beautyplus_20151105173932_fast.jpg
gado-gado *ala saya (lontongnya pake brownrice no nasi putih) dg sayuran dan tempe serta telur rebus

Note : untuk membuat lontong selain menggunakan beras putih bisa menggunakan beras coklat atau beras merah, cuma butuh waktu yg lebih lama untuk merebusnya.

Dengan postingan ini aku dan suamiku (MR dan MRS Van Dam) mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin… ^__^