Bikin Pizza kotak pake saos rendang ||Vegetarian Pizza ||homemade pizza ||

Nah siapa yg suka pizza tapi bosan sg pizza yg gitu-gitu aja ?

Aku sih beneran gak suka pizzanya orang bule, hah pake saos tomat, sosis dan keju doang ? Atau pizzanya org italia yg pake bayam tapi seiprit ?

Aku tuh sering membayangkan makan pizza tp tetap banyak sayur dan vegetarian plus rasa asia punya 😍

Dulu pernah bikin pizza rasa kare ayam… uweeeenaaak 😋

Kemaren aku bikin pizza dg saos rendang 😍 pake sayur banyak 😇 ada brokoli ada bayam ada wortel dan tumis bawang bombay serta jamur.

Dough nya aku jg bikin sendiri, aku pake tepung wholemeal, dan sedikit tepung putih *krn kalo pure wholemeal dough nya gak lekat. Plus aku tambah flax seed krn biji flax ini bagus untuk pencernaan.

Untuk protein aku pake keju halloumi rasanya enaaak 😋 trus saos rendang kebetulan gak ada stock sendiri aku beli di tesco tak campur saos tomat dan mayonise omg maknyuuusss 😋

Aku bagi ma tetangga sebelah katanya pizza terenak yg pernah dia makan 😆 beda gak kyk di warung2 pizza. Ada rasa asianya banyak sayur dan double keju doughnya gak tebal jadi sehat dan low kalori juga 😋

Cuss yg mau bikin pizza sehat tonton videonya ya 👆 trus boleh di share ke teman2nya biar pada tau cara bikin pizza rasa indonesia 😍

Selamat berakhir pekan 😇

Subscribe Ima Vandam channel di sini 👈

Advertisements

Makan dg rasa bersalah ||

Pernah gak kalian makan sesuatu trus merasa bersalah ? Maksudnya merasa bersalah bukan krn makanannya hasil curian ya 😂 tp lebih krn tau neh makanan tidak baik untuk tubuh tp tetap di makan 😂

Dulu sih aku tidak mengerti bahwa apa yg kita makan itu akan ada efeknya pada tubuh kita. Contohnya Rambutan, aku dulu waktu kecil kalo makan rambutan terlalu banyak (gak banyak sih cuma 10buah rambutan) nah setelahnya aku pasti demam ! Eh bukan aku aja ternyata 😂 adik2 ku juga gitu. Tapi itu dulu waktu kecil, skrg mau makan 1kg rambutan ya baik2 aja sih 😆

Nah dulu setauku tuh makan ya untuk bikin perut kenyang gitu aja. Jadi tidak peduli apa yg aku makan. Yg paaaling favorit dulu tuh kalo makan nasi putih hangat pake kerupuk dan sambel 😋 biyuuuhh bisa nambah 2 piring nasi 😆 tp iya memang bab nya sembelit paaaraaah 😂 trus ya gampang sakit pilek batuk gitu dah penyakit anak2 yg di kampung di anggap penyakit musiman.

Belakangan sejak 13 tahun yg lalu aku baru paham bahwa apa yg kita makan itu efeknya pada kesehatan kita. Contoh simpelnya sih badan kita di umpamakan mobil / motor , umpama motor kita kehabisan bensin ya harus isi bensin kan ? Tidak bisa di isi air / saos tomat / jus dll ? Supaya motor tidak rusak mesinnya dan tetap jalan iya kan ? Nah badan kita ternyata sama, badan kita butuh nutrisi yg sesuai dg yg dibutuhkan tubuh. Kita butuh air *jangan kasih minuman bersoda. Kita butuh makanan sehat seimbang terdiri dari karbohidrat, protein dan sayuran. Jadi usahakan ketiganya terpenuhi, tidak melulu karbo tidak melulu protein harus seimbang.

Karbohidrat sebaiknya konsumsi karbo komplex seperti ubi2an, dan karbo yg ada dalam buah dan sayuran. Seperti sayur brokoli, kubis, buncis dll, seperti buah apel, pisang dll. Dg begitu pencernaan kita akan bagus kinerjanya dan bab lancar 😍 lemak bisa terbuang dg lancar tidak tertimbun di tempat2 yg tidak di inginkan.

Lemak yg bahaya bila tertimbun di sekitar organ dalam itu bahaya, seperti jantung, hati, ginjal dll bila ditimbuni lemak maka akan sangat fatal akibatnya. Hidup sudah pendek jangan di perpendek lagi makanya.

Tapi jangan lalu berfikir orang yg gemuk itu penuh kolestrol / lemak jahat. Bisa jadi lemaknya hanya di bagian luar tidak di sekeliling organ dalam. Begitu jg org kurus / langsing belum tentu organ dalamnya bebas dari kolestrol / lemak jahat.

Kembali lagi dg judul makan dg rasa bersalah ini aku sering deh merasakan 😂 memang sebisa mungkin aku tidak makan makanan kyk Donat krn apa yg ada dlm donat ? Tepung putih dan gula kan ? Tepung putih itu jaaaahat sekali bisa block pencernaan. Akibatnya bisa sembelit parah, kalo sering konsumsi tepung putih ini yg ada pada roti dan pizza dll bisa berujung diabetes pula.

Makanya aku lebih suka bikin kue dan pizza sendiri krn bisa pake tepung whole meal dan campur oats biar lebih sehat 😍

Suka ngeri sendiri skrg liat donat du toko kue, kalo dulu wow… kyk eat me gitu. Skrg aku liat donat dalam hati lgsg berkata *oh tuhan… lihat donat ini cuma dari tepung putih pake gula iuwwww ntar di perutku nyangkutnya brp lama ? Mending makan coklat aja kandungan karbohidrat simplex nya tak seberapa. Gula mah asal jgn melebihi takaran 7sdm dlm sehari bagiku is oke. Kalori mah asal jangan lebih dr 2000kcl is oke bagiku. Tiap org kebutuhan kalorinya beda-beda. Aku krn kondisiku normal yg obes serta sehat kata GP ku aku boleh konsumsi hingga 2000kcl.

Semua itu krn pengetahuan. Jika kita tau baik buruknya makanan untuk kepentingan kesehatan ya pasti akan berusaha makan dg pola makan sehat.

Ada yg bilang… halah aku asal makan ya sehat2 aja gak gemuk! Well org gemuk belum berarti gak sehat. Ingin tau sehat apa nggak ya coba ke dokter cek kadar lemak / kalori dalam tubuh. Kadang2 org kurus justru organ dalamnya di penuhi lemak jahat ya itu td krn makannya tidak sehat terlalu banyak kalori. Penimbunan kalori yg terus menerus bisa mengakibatkan hal hal yg tak di inginkan!

Mari terus belajar untuk menjaga kesehatan tubuh kita krn sehat jasmani sehat pula rohani.

Tubuh hanya punya satu, dan satu-satunya tempat kita untuk bernafas !

Subscribe Ima Vandam channel di sini 👈

Hobi masak dan hobi makan sehat ||

Untuk memasak makanan sehat tidaklah sulit. Sangat gampang dg adanya internet kita bisa googling resep semudah sentuhan jari kita di layar hape.

Aku tipe orang yg jarang pake resep. Aku cuma butuh bahan masakan yg sehat lalu aku mengeksekusinya sesuai selera. Bila lagi selera indonesian food ya masak ala indonesia, lagi demen italian ya cuss masak ala italian, lagi demen makan pizza ya bikin sendiri dg tepung wholemeal dan banyak sayuran untuk topping pizzaku. Lagi demen kebab ya bikin sendiri. Pokoknya bisa masak itu indah sekali dan bisa menghemat uang untuk sangu liburan 😍

Orang indonesia pada umumnya kurang bisa menata keuangan. Seperti salah satu temanku di Bali yg menikah dg buke australia , di sering bilang gini padaku :

“Kamu enaknya jalan-jalan mulu, ke belanda udah bolak-balik. Liburan di indo udah kemana-mana. Nah aku di bali aja”

Aku jawab “kamu jg bisa jalan-jalan ke belanda kalo kamu mau, itu gaji si mbak 1tahun udah dapet tiket bali-belanda berdua PP ! plus visa. Kalo gaji si Mbak 1tahun kamu simpen, nah bisa buat explore indonesia tiap tahun sekali ke beberapa tempat. Tapi pekerjaan rumah ya lakuin sendiri” begitu kataku.

Tapi ya kadang orang itu takut di anggap tidak wow kaya istri bule *kalo gak punya pembantu. Iya kan ? Ya sudah jangan komplin 😂

Nikmati saja hidup di manja si Mbak, gak usah jalan-jalan ke luar kota / ke luar negeri kan orang liatnya juga *wow kaya istri bule punya mbak/pembantu.

Kalo aku alhamdulillah masih mampu ngerjain pekerjaan rumah sendiri. Gaji dari suami buat simpanan pribadi *gak buat bayar mbak . Oh di eropa mbak mahal juga 😂 gak mampu kita bayar plus rumah kita cuma rumah kabin ya beberes hanya butuh 1 jam saja 😍

Salam sehat lur 😇

Subscribe Ima Vandam channel di sini 👈

Ortu jaman dulu Vs ortu jaman now||

Yes aku tuh sudah lama berhijrah dari makanan yg sembarangan ke makanan sehat !

Kira-kira sejak aku umur 24th, ya 13 tahun yg lalu. Aku mulai belajar *we are what we eat*

Jadi dulu tuh jaman aku masih kecil tuh di sekolah kita diajarkan pola makan sehat namanya 4 sehat 5 sempurna ( 1. nasi, 2. Ikan, 3. sayur-sayuran, 4. Buah dan 5. Susu ) setiap hari kita bernyanyi sebelum kelas di mulai. Memang ortu jaman dulu tuh biasa masak nasi trus *jangan (bhs jawa yg artinya sup sayur) bisa sup bayam, sup moringa, atau sup daun katuk ya pokoknya daun-daunan gitu trus proteinnya kalo gak tahu dan tempe ya ikan. Jadi kita dulu tuh memang sudah makan makanan yg sehat 😍

Beda sekali dg ortu jaman now *ini menurut pengamatan saya ya di sekitar saya tingga di kampung di jawa timur. Ortu jaman now ngasih anak-anaknya mie instant dg bangganya !

Waktu itu aku lagi jemput keponakanku di TK nah ibu-ibu siswa TK pada ngumpul dong dan biasa gosiiip deh 😂 aku cuma duduk dan sedikit nguping apa sih yg mereka bahas.

Si ibu A bilang “anakku tadi pagi sarapan indomie goreng, sebungkus habis gak mau bagi-bagi dia”

Si ibu B jawab “kalo anakku satu bungkus mie goreng tambah telur dan sawi doyan dia”

Si Ibu C pun gak mau kalah “kalo aku tadi masak indomie kuah tak kasih wortel dan sawi, jadi bapaknya anak-anak jg bisa sarapan enak”

Pokoknya ibu-ibu ini ngomongin seputar sarapan 😇 mirisnya generasi ibu jaman now ternyata generasi ibu-ibu pemalas yg menyajikan mie instant pada generasi penerus bangsa ini 😂 sudah sesulit itu kah sekedar menggoreng tahu/tempe seperti ibu jaman dulu ?

Ibu jaman dulu pagi-pagi menyempatkab diri untuk memetik moringga dari pekarangan rumah / daun katuk / bayam . Ibu jaman dulu rela ngantri di toko untuk beli tahu dan tempe serta sayuran demi memasak sarapan yg sehat untuk anak dan suaminya memulai hari mereka.

Sangat miris sekali generasi jaman now di pupuk dg makanan instant 😂 semoga ibu-ibu jaman now lebih mengerti akan pentingnya makanan sehat untuk anak-anaknya.

Semua orang tau mie instant itu gampang dan enak. Tapi seberapa orang tau efek samping dari makanan instant ini.

Sepertinya perlu diajarkan lagi pola makan sehat seperti slogan 4 sehat 5 sempurna. Supaya ibu-ibu lebih memperhatikan gizi pada anak-anak penerus bangsa.

Seberapa banyak ibu muda jaman now yg bisa masak ? Jaman sudah di manjakan dg berbagai bumbu instant.

Dulu anak-anak dapat ilmu turun temurun dari sang ibu / nenek tentang bumbu rempah-rempah untuk aneka masakan.

Kini ibu-ibu tinggal beli bumbu instant untuk resep aneka masakan.

Oh sungguh miris di saat Indonesia yg terkenal dg negara rempah-rempah namun generasinya mulai melupakan hal tersebut.

Sekian Sekedar corat coret jari jari lincahku 😇

Mari hidup sehat dg memulai makan makanan sehat yg murah meriah seperti 4 sehat 5 sempurna 😇

Subscribe Ima Vandam channel di sini 👈

Bikin Ketan kinco dan kolak pisang menu buka puasa||

Klo bulan puasa tuh biasanya dari aku kecil dulu ibuku biasa bikin kolak 😋 biasanya kolak kacang ijo.

Sayangnya aku tidak bisa makan kacang ijo berhubung aku ini darah rendah, klo makan kacang ijo serrrr tensi darahku bisa turun drastis. Dari 90/60 bisa drop ke 80/60 bahkan 70/50 loh ! Rasanya ya mau pingsan gak kuat buka mata juga 😂 jadi kapok makan kacang ijo krn dalam hitungan menit langsung log terasa darahku drop 😆

So ada pisang yg super mateng trus ada sedikit sisa beras ketan… aku pikir bikin ketan kinco dihidangkan dg kolak pisang mantap 😍

Eh di sini kagak ada kelapa segar jadi aku bikin kinco dari kelapa parut kering. Enak juga walo tak segurih kelapa segar 😇

Selamat bersantap sahur sodara muslimku 😍

Dan salam sejahtera bagi sodara non muslimku 😍

Bikin Kacang Sembunyi ||

Di Facebook rame orang-orang jualan kacang sembunyi online. Aku penasaran juga akhirnya aku cari tau apasih kacang sembunyi itu ?

Dan ternyata ya kacang di balut pastry gtu kira2 😆 kebetulan ada pastry sisa bikin chickenpie ya ku coba bikin kacang sembunyi.

Gampang simpel dan renyah 😋 aku bikin yg rasa pedas manis pake sambal botolan tambah gula jawa 😍

Selamat menunaikan ibadah puasa 😇