Bikin Nastar coklat || Met Lebaran teman-teman…

Aku tuh suka coklat jadi aku bikin nastar coklat *kulitnya yg rasa coklat dan warna coklat. Kalau isinya pake selai nanas tp aku campur dg selai plum *krn nanasku manis sekali, aku suka selai yg ada rasa kecutnya.

#eidmubarak2018 #selamathariraya #minalaidzinwalfaidzin #mohonmaaflahirdanbatin

A post shared by Yoga ima Van dam (@yoga_ima_van_dam) on

Met lebaran semuanya πŸ˜‡ maaf lahir batin ya…

Aku lebarannya ntar sore kumpul di rumah tetua πŸ˜‚ ibu dan bapak Margono πŸ˜‡

Alhamdulillah…

Subscribe Ima VanDam youtube channel di sini πŸ‘ˆ

Advertisements

Resep kue Kampungan

Aku bilangnya sih ini kue kampungan πŸ˜… dalam bahasaku ( bhs madura, namanya Kue Underban *bacanya percis kyk tulisannya )

Di kampungku kue ini biasa di temuin di acara hajatan baik itu lamaran / tunangan, kawinan, hitanan dll. 

Ibuku biasanya bikin kue ini untuk disumbangkan ke tetangga yg lagi hajatan. Semasa aku masih di kampung dulu sering sekali terima orderan bikin kue ini.

Bahannya gak ribet cukup telur, gula, tepung dan mentega, gak pake vanila is oke πŸ˜‰ gak pake baking soda pun is oke, gak punya oven bisa pake rice cooker * ini sih pengalamanku waktu di bali dulu pengen kue ini du kost-an mana ada oven, jadi aku coba bikin pake rice cooker eh bisa loh 😍 klik tombol cook trus sekali klik ke tombol warm tuh jangan buka dulu ntar klik lagi ke tombol cook klik tombol warm baru deh mateng. Jadi masaknya 2x kalo pake rice cooker πŸ˜‡ kadang 3x dan rasanya sama cuma warna bagian atas tuh pucat tapi matang. Biasanya aku keluarin dari rice cooker trus masukin lagi dg terbalik dan klik cook sekali lagi bagus deh jadinya 😍

Selamat mencoba πŸ˜‡

Resep Banana cake

Selain menemani anak-anak ini bermain di ladang rapsseed di belakang rumah, aku juga Membuat Banana cake sebagai Hiburan dan kegiatan untuk anak-anak yg kemaren dititipkan di rumahku. Mereka sangat senang sekali aku memperbolehkan mereka masuk dapur serta mengikut-sertakab mereka dalam proses pembuatan banana cake yg sangat empuk dan lezat 😍

Ladang Rapsseed di belakang rumahku

Oke langsung ke proses pembuatan banana cake yuk… πŸ˜‡

Bahan-bahan :

3 butir telur

1 dan 3/4 cup terigu

1/4 cup tepung kanji

1/4 cup minyak sayur

1 sdt baking soda

1 sdt bubuk kayu manis

4 buah pisang yg sudah matang

Caranya :

1. Panaskan oven 180c, dan siapkan baking tray / cetakan kue yg di lapisi baking paper atau dioles mentega *supaya cake nanti gak lengket.

2. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, baking soda dan bubuk kayu manis jadi satu dan ayak.

3. Mixer telur dan gula hingga berbusa lembut dan berwarna pucat.

4. Mashed pisangnya sampai lembut (maaf lupa bahasa indonesianya mashed πŸ˜₯ bagi yg tau komen ya) masak *hancurkan pisang / tumbuk pisang? Agh…maaf ya…πŸ˜‚

5. Kemudian masukkan bahan yang di ayak tadi ke dalam adonan telur yg sudah di mixer.

6. Tambahkan pisang yg sudah di haluskan, aduk rata.

7. Tambahkan minyak sayur, aduk rata lagi.

8. Tuang ke dalam cetakan kue.

9. Taburi dg kacang mente/almond dll (sesuai selera, gak ditaburi juga is oke)

10. Panggang sekitar 45-60 menit.

Banana cake

Kuenya udah jadi deh 😍

Selain videonya bisa ditonton di Youtube channelku juga bisa di lihatΒ di ig ku yaΒ πŸ˜‡

Selamat mencoba 😍

Resep wellington pieΒ 

Halo pembaca apa kabarnya ? Pengen nyoba english food / makanan khas Inggris ? Yup… makanan khas inggris tuh biasanya berupa roasted food dan berbagai macam pie serta puding.

Hari ini aku coba bikin english food yaitu Wellington pie 😍 yuk mari di simak resepnya πŸ˜‰ 

Wellington pie ala Mrs.Van dam πŸ˜‰

Ems…yummy 😋

Bahan-bahan :

Bahan kulit pie,

9 sdm tepung terigu
1/4 sdt garam

75 gram mentega / butter

75 ml minyak zaitun / minyak sayur

Susu cair / air dingin secukupnya 

Cara bikin kulit pie :


Campur semua bahan, uleni sampai menjadi adonan kemudian bagi dua dan giling hingga tipis.


Olesi dg mentega kemudian lipat dan giling lagi,


Ulangi hal ini beberapa kali supaya kulit pie berlayer, Sisihkan.

Bahan isian,


200 gram daging sapi giling
50 gram kacang kapri beku

1 butir telur dikocok 

4 buah jamur di potong-potong

2 buah bawang putih cincang

1 buah bawang bombay potong-potong

1 buah kentang potong dadu

1 buah wortel potong dadu

garam ,lada dan gula secukupnya

air secukupnya

minyak goreng untuk menumis

caranya :

Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, masukkan wortel, kentang dan jamur. Tumis hingga layu kemudian tambahkan sedikit air, aduk-aduk dan tutup wajan/teflon biarkan 3-5menit hingga wortel dan kentang cukup empuk. Tambahkan garam, gula dan lada secukupnya, sisihkan hingga cukup dingin. *bila biasa pakai micin/penyedap rasa silahkan di tambahkan sesuai selera anda πŸ˜‰

Campur semua bahan isi (bahan yg sudah ditumis juga) gunakan setengah telur kocok *yg setengah lagi nanti untuk olesan πŸ˜‰


Setelah di campur rata, bentuk adonan isi sesuai selera, sekiranya kulit pie cukup untuk membungkusnya πŸ˜‰


Kemudian taruh di atas kulit pie,


Tutup dg kulit pie satunya,


Tekan-tekan bagian pinggirnya hingga isian tertutup rapi, potong kelebihan kulit pie.


Sebenarnya setelah dipotong pinggirnya bisa langsung di oven. Tapi aku suka mempercantiknya dg memelintir tepi pie 😍


Masukkan ke dalam oven dg suhu 240 derajat selama 40-60 menit.


10 menit pertama keluarkan pie dari oven kemudian olesi dg campuran telur dan mentega,

Masukkan ke dalam oven lagi dan 10 menit kemudian olesi dg sisa olesan.


Masukkan ke dalam oven lg 30-40 menit / hingga kulit pie kecoklatan.


Pie siap dihidangkan 😋


Wellington pie by Mrs.Van dam 😋

Biasanya pie ini dihidangkan dg saos tapi suamiku minta saosnya di masak dg sayuran πŸ˜‰ 

selamat mencoba πŸ˜‰



Coklat Caramel pie (tanpa oven)

5 Bahan Coklat Caramel pie

Yup resepku kali ini superrr gampang hanya 5 bahan dan tidak perlu oven ;)tapi butuh kulkas 😅

Bahan-Bahan :

1.2 bungkus oreo

2.1 bungkus coklat chocochips (boleh dark boleh milk)

3.1 cup / 1/2pint / 6sdm gula (brown sugar)

4.1 cup double cream (bisa ganti dg cream kelapa) *kalau pake santan campur dg tepung kanji biar mengental.

5.150 gram butter

Caranya :

hancurkan oreo *boleh di tumbuk boleh di blender yg penting hancur πŸ˜‰

Aku sih ditumbuk 😅

Kemudian cairkan butter 50 gram dan remes-remes dg oreo yg sudah hancur

Oreo yg sudah dicampur butter cair

Tekan-tekan oreo tersebut dg sendok pada cetakan pie

Udah jadi neh base pie nya 😍

Masukkan kulkas (di freezer)

Sementara itu yuk bikin caramelnya πŸ˜‰

1 cup brown sugar + 100gram butter πŸ˜‰

panaskan di atas api kecil hingga gula dan butter meleleh rata.

Panaskan di atas api kecil hingga meleleh rata

kemudian tambahkan 1/4 cup double cream

Gula dan butter sudah meleleh tambahkan double cream

Aduk rata dan biarkan sampai hangat kuku 

Dan akan nampak seperti ini siap di tuang ke base pie
Seperti ini

Masukkan kulkas lagi 20menit/sampai caramel set.

Yuk bikin chocolate ganache nya πŸ˜‰

1 bungkus coklat chocochip masukkan ke gelas / mangkok microwave , tambahkan 3/4 cup double cream *microwave 1-2menit (hingga panas tapi tidak mendidih banget) ,tutup 30 detik (jangam langsung di aduk) setelah 30detik barulah di aduk rata.

Coklat ganache sudah siap dituang

” kalo pake kompor sama caranya πŸ˜‰ masukkan chocochip dan cream dalam panci/teflon , panaskan dg api kecil hingga terlihat bubel kecil tanda mulai mendidih tapi tidak mendidih banget ! Matikan api dan tutup teflon/panci 30 detik baru deh di aduk rata ”

Bisa langsung tuang di atas caramel.

Diamkan di kulkas 1 jam sebelum dihidangkan πŸ˜‰
Neh udah siap dihidangkan 😋

Aku sukanya ditaburin garam 😅 karena pie ini manis banget di taburin garam rasanya lebih seimbang πŸ˜‰ (kalo pernah makan coklat seasalt pasti setuju)

Ini hidangan ala Mrs Van Dam 😅
Kalau yg ini ala Mr Van Dam suamiku πŸ˜‰

gampangkan cara bikin pie ini ? 😍

Selamat mencoba πŸ˜‰ !

Resep maccaroons kelapa

Resep lemon cheese cake tanpa oven baca di sini

Bahan-bahan :


100 gram gula castor/boleh brown sugar

150 gram kelapa parut kering

2 butir telur *putihnya saja

1 sdm lemon zest/parutan kulit lemon, boleh ganti dg kulit jeruk nipis ato vanila essence

50 gram coklat *dark ato milk coklat 

Caranya :

Masukkan gula, kelapa, putih telur dan lemon zest ke dalam mangkok besar,

Aduk dg garpu sampai rata,

Kemudian di bentuk bulat,


Dan pipihkan dg garpu,


Panggang dalam oven dg suhu 180 derajat selama kurang lebih 15-20 menit/hingga maccaroons kuning kecoklatan.


Pindahkan ke rak biar cepat dingin,


Mari bikin toppingnya ,


Potong-potong coklatnya,


Kemudian lelehkan coklay dg cara double boil,atau


Pake microwave , cukup sampai coklat meleleh saja sekitar 1 menit,


Mari kita hias maccaroons nya 😍


Di hias sesuai selera mau langsung di celupin satu persatu jg boleh, aku tak bentuk kyk foto ini,


Jangan di hitung ya 😅 krn kalo kalian ngitung keliatan maccaroons nya kurang 1 setelah di kasih topping coklat 😆 krn suamiku makan 1 gak sabar dia nunggunya 😅😅😅 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😍