Resep Banana cake

Selain menemani anak-anak ini bermain di ladang rapsseed di belakang rumah, aku juga Membuat Banana cake sebagai Hiburan dan kegiatan untuk anak-anak yg kemaren dititipkan di rumahku. Mereka sangat senang sekali aku memperbolehkan mereka masuk dapur serta mengikut-sertakab mereka dalam proses pembuatan banana cake yg sangat empuk dan lezat 😍

Ladang Rapsseed di belakang rumahku

Oke langsung ke proses pembuatan banana cake yuk… πŸ˜‡

Bahan-bahan :

3 butir telur

1 dan 3/4 cup terigu

1/4 cup tepung kanji

1/4 cup minyak sayur

1 sdt baking soda

1 sdt bubuk kayu manis

4 buah pisang yg sudah matang

Caranya :

1. Panaskan oven 180c, dan siapkan baking tray / cetakan kue yg di lapisi baking paper atau dioles mentega *supaya cake nanti gak lengket.

2. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, baking soda dan bubuk kayu manis jadi satu dan ayak.

3. Mixer telur dan gula hingga berbusa lembut dan berwarna pucat.

4. Mashed pisangnya sampai lembut (maaf lupa bahasa indonesianya mashed πŸ˜₯ bagi yg tau komen ya) masak *hancurkan pisang / tumbuk pisang? Agh…maaf ya…πŸ˜‚

5. Kemudian masukkan bahan yang di ayak tadi ke dalam adonan telur yg sudah di mixer.

6. Tambahkan pisang yg sudah di haluskan, aduk rata.

7. Tambahkan minyak sayur, aduk rata lagi.

8. Tuang ke dalam cetakan kue.

9. Taburi dg kacang mente/almond dll (sesuai selera, gak ditaburi juga is oke)

10. Panggang sekitar 45-60 menit.

Banana cake

Kuenya udah jadi deh 😍

Selain videonya bisa ditonton di Youtube channelku juga bisa di lihatΒ di ig ku yaΒ πŸ˜‡

Selamat mencoba 😍

Advertisements

Resep wellington pieΒ 

Halo pembaca apa kabarnya ? Pengen nyoba english food / makanan khas Inggris ? Yup… makanan khas inggris tuh biasanya berupa roasted food dan berbagai macam pie serta puding.

Hari ini aku coba bikin english food yaitu Wellington pie 😍 yuk mari di simak resepnya πŸ˜‰ 

Wellington pie ala Mrs.Van dam πŸ˜‰

Ems…yummy 😋

Bahan-bahan :

Bahan kulit pie,

9 sdm tepung terigu
1/4 sdt garam

75 gram mentega / butter

75 ml minyak zaitun / minyak sayur

Susu cair / air dingin secukupnya 

Cara bikin kulit pie :


Campur semua bahan, uleni sampai menjadi adonan kemudian bagi dua dan giling hingga tipis.


Olesi dg mentega kemudian lipat dan giling lagi,


Ulangi hal ini beberapa kali supaya kulit pie berlayer, Sisihkan.

Bahan isian,


200 gram daging sapi giling
50 gram kacang kapri beku

1 butir telur dikocok 

4 buah jamur di potong-potong

2 buah bawang putih cincang

1 buah bawang bombay potong-potong

1 buah kentang potong dadu

1 buah wortel potong dadu

garam ,lada dan gula secukupnya

air secukupnya

minyak goreng untuk menumis

caranya :

Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, masukkan wortel, kentang dan jamur. Tumis hingga layu kemudian tambahkan sedikit air, aduk-aduk dan tutup wajan/teflon biarkan 3-5menit hingga wortel dan kentang cukup empuk. Tambahkan garam, gula dan lada secukupnya, sisihkan hingga cukup dingin. *bila biasa pakai micin/penyedap rasa silahkan di tambahkan sesuai selera anda πŸ˜‰

Campur semua bahan isi (bahan yg sudah ditumis juga) gunakan setengah telur kocok *yg setengah lagi nanti untuk olesan πŸ˜‰


Setelah di campur rata, bentuk adonan isi sesuai selera, sekiranya kulit pie cukup untuk membungkusnya πŸ˜‰


Kemudian taruh di atas kulit pie,


Tutup dg kulit pie satunya,


Tekan-tekan bagian pinggirnya hingga isian tertutup rapi, potong kelebihan kulit pie.


Sebenarnya setelah dipotong pinggirnya bisa langsung di oven. Tapi aku suka mempercantiknya dg memelintir tepi pie 😍


Masukkan ke dalam oven dg suhu 240 derajat selama 40-60 menit.


10 menit pertama keluarkan pie dari oven kemudian olesi dg campuran telur dan mentega,

Masukkan ke dalam oven lagi dan 10 menit kemudian olesi dg sisa olesan.


Masukkan ke dalam oven lg 30-40 menit / hingga kulit pie kecoklatan.


Pie siap dihidangkan 😋


Wellington pie by Mrs.Van dam 😋

Biasanya pie ini dihidangkan dg saos tapi suamiku minta saosnya di masak dg sayuran πŸ˜‰ 

selamat mencoba πŸ˜‰



Coklat Caramel pie (tanpa oven)

5 Bahan Coklat Caramel pie

Yup resepku kali ini superrr gampang hanya 5 bahan dan tidak perlu oven ;)tapi butuh kulkas 😅

Bahan-Bahan :

1.2 bungkus oreo

2.1 bungkus coklat chocochips (boleh dark boleh milk)

3.1 cup / 1/2pint / 6sdm gula (brown sugar)

4.1 cup double cream (bisa ganti dg cream kelapa) *kalau pake santan campur dg tepung kanji biar mengental.

5.150 gram butter

Caranya :

hancurkan oreo *boleh di tumbuk boleh di blender yg penting hancur πŸ˜‰

Aku sih ditumbuk 😅

Kemudian cairkan butter 50 gram dan remes-remes dg oreo yg sudah hancur

Oreo yg sudah dicampur butter cair

Tekan-tekan oreo tersebut dg sendok pada cetakan pie

Udah jadi neh base pie nya 😍

Masukkan kulkas (di freezer)

Sementara itu yuk bikin caramelnya πŸ˜‰

1 cup brown sugar + 100gram butter πŸ˜‰

panaskan di atas api kecil hingga gula dan butter meleleh rata.

Panaskan di atas api kecil hingga meleleh rata

kemudian tambahkan 1/4 cup double cream

Gula dan butter sudah meleleh tambahkan double cream

Aduk rata dan biarkan sampai hangat kuku 

Dan akan nampak seperti ini siap di tuang ke base pie
Seperti ini

Masukkan kulkas lagi 20menit/sampai caramel set.

Yuk bikin chocolate ganache nya πŸ˜‰

1 bungkus coklat chocochip masukkan ke gelas / mangkok microwave , tambahkan 3/4 cup double cream *microwave 1-2menit (hingga panas tapi tidak mendidih banget) ,tutup 30 detik (jangam langsung di aduk) setelah 30detik barulah di aduk rata.

Coklat ganache sudah siap dituang

” kalo pake kompor sama caranya πŸ˜‰ masukkan chocochip dan cream dalam panci/teflon , panaskan dg api kecil hingga terlihat bubel kecil tanda mulai mendidih tapi tidak mendidih banget ! Matikan api dan tutup teflon/panci 30 detik baru deh di aduk rata ”

Bisa langsung tuang di atas caramel.

Diamkan di kulkas 1 jam sebelum dihidangkan πŸ˜‰
Neh udah siap dihidangkan 😋

Aku sukanya ditaburin garam 😅 karena pie ini manis banget di taburin garam rasanya lebih seimbang πŸ˜‰ (kalo pernah makan coklat seasalt pasti setuju)

Ini hidangan ala Mrs Van Dam 😅
Kalau yg ini ala Mr Van Dam suamiku πŸ˜‰

gampangkan cara bikin pie ini ? 😍

Selamat mencoba πŸ˜‰ !

Resep maccaroons kelapa

Resep lemon cheese cake tanpa oven baca di sini

Bahan-bahan :


100 gram gula castor/boleh brown sugar

150 gram kelapa parut kering

2 butir telur *putihnya saja

1 sdm lemon zest/parutan kulit lemon, boleh ganti dg kulit jeruk nipis ato vanila essence

50 gram coklat *dark ato milk coklat 

Caranya :

Masukkan gula, kelapa, putih telur dan lemon zest ke dalam mangkok besar,

Aduk dg garpu sampai rata,

Kemudian di bentuk bulat,


Dan pipihkan dg garpu,


Panggang dalam oven dg suhu 180 derajat selama kurang lebih 15-20 menit/hingga maccaroons kuning kecoklatan.


Pindahkan ke rak biar cepat dingin,


Mari bikin toppingnya ,


Potong-potong coklatnya,


Kemudian lelehkan coklay dg cara double boil,atau


Pake microwave , cukup sampai coklat meleleh saja sekitar 1 menit,


Mari kita hias maccaroons nya 😍


Di hias sesuai selera mau langsung di celupin satu persatu jg boleh, aku tak bentuk kyk foto ini,


Jangan di hitung ya 😅 krn kalo kalian ngitung keliatan maccaroons nya kurang 1 setelah di kasih topping coklat 😆 krn suamiku makan 1 gak sabar dia nunggunya 😅😅😅 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😍

Resep lemon cheese cake (tanpa oven)

Resep key lime pie (tanpa oven)Β klik di sini

Bahan-bahan :

untuk base dan cream cake,

1 pack biscuit oreo / biscuit apa saja
1/2 buah lemon *ambil jusnya

1 sdt lemon zest / parutan kulit lemon

7 sdm gula castor / gula powder jg boleh

1 sdm double cream / boleh pake santan

3 sdm coconut oil / boleh pake butter

180 gram / 1 kotak cream cheese

caranya :

1.remas-remas oreo dan masukkan ke cetakan/cup

2.Masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar , kemudian mixer 3-5 menit / semua bahan tercampur rata (icip rasa…bila suka manis sekali boleh tambah gula sesuai selera)

ini adonan cheese cake creamnya setelah di mixer,

Masukkan adonan ini ke dalam cetakan yg sudah di isi remasan oreo,

Kemudian ratakan dg sendok.

Mari kita buat chocolate ganache nya,

Bahannya :

choco chip dan double cream


Atau choco chip dan santan,


Caranya :

1.microwave,

Masukkan choco chip ke dalam gelas khusus microwave, kemudian siramkan double cream/santan hingga menutup permukaan coklat, microwave 1-2 menit *perhatikan jangan sampai mendidih dan meluap.

atau…

2.pake kompor,

Masukkan choco chip ke dalam panci lalu tuangkan double cream/santan kira-kira sampai menutup permukaan coklat, didihkan dg api kecil *tidak perlu sampai mendidih banget cukup sampai terlihat gelembung-gelembung kecil saja kemudian matikan api dan jangan langsung di aduk tapi…

tutup panci / gelas sekitar 40 detik


Baru di aduk rata,


Terakhir tambahkan butter dan aduk merata supaya coklat ganache keliatan berkilau,


Tuangkan ganache ini di atas cheese cake,


Ratakan…



Dinginkan dalam kulkas sebelum di hidangkan πŸ˜‰
Lemon cheese cake pun sudah siap disantap 😍

NB : resep di atas bisa di bentuk sesuai selera !

Bisa seperti ini,



Untuk basenya yg ini oreonya di remes hancur dan di campur minyak sayur/zaitun kemudian tekan2 ke loyang cetakan.

Atau seperti ini,



Untuk yg ini base nya aku pake,

2 butir telur

3 sdm tepung terigu

3 sdm gula pasir

2 sdm minyak sayur/zaitun

caranya :

Kocok telur dan gula sampe mengembang kemudian tambahkan tepung perlahan-lahan dan terakhir tambahkan minyak aduk rata dan panggang dalam oven dg suhu 240 derajat selama 15-20 menit / sampai bila di tusuk dg ujung pisau adonan sudah tidak lengket. Dinginkan dan baru di tuangin adonan cheese cake *masih dalam loyang dan dinginkan di kulkas kurang lebih 1-2 jam, lepaskan dari loyang dan tancapin biscuit oreo pinggiranya kemudian gunakan coklat ganache untuk hiasan di tengah 😍

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba πŸ˜‰

Resep Cupcake kupu-kupu

Strawberry pie recipe here :

https://imavandam.wordpress.com/2016/04/18/resep-strawberry-pie/

p1030040.jpg
cupcake kupu-kupu

bahan-bahan :

p1030016.jpg
2cup tepung terigu(self raising flour) kalau pake terigu biasa tambahkan 2sdt baking powder, 1cup gula pasir (castor sugar), 1cup susu cair, 2butir telur, 75 gram butter (kalo pake butter yg unsalted/tdk asin tambahkan 1/2sdt garam) , 50ml minyak zaitun/minyak sayur, 1sdm vanila cair/ vanila bubuk

Caranya :

*siapkan oven dg suhu Β±150 – 180 derajat dan tata cetakan kue kertas di cupcake tray,

*di mangkok mixer, masukkan butter dan gula, mixer hingga mengembang/berubah warna jadi pucat,

*kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus di mixer, kemudian masukkan tepung sedikit demi sedikit bergantian dg bahan yg cair lainnya, contoh (sedikit tepung, sambil terus di mixer, sedikit minyak,sedikit susu,kemudian tepung,minyak,susu bergantian sambil terus di mixer dg kecepatan rendah sampai semua bahan tercampur jadi adonan seperti foto di bawah ini,

NB : bila pake baking powder dan garam (ayak bersama tepung jadi satu) supaya tercampur rata.

p1030017.jpg
setelah jadi adonan, isi masing-masing mangkok sampai 3/4 nya saja (supaya ketika kue di oven tidak melebihi tinggi cetakan)

*kemudian di Oven sekitar Β±18-20menit (12menit pertama jgn buka-buka ovennya krn hal ini akan mengakibatkan kue turun dan tak mengembang lagi akhirnya kue jadi bantet)

p1030019.jpg
setelah Β±18menit cek kue di oven dg cara ditusuk dg ujung pisau/tusuk sate, bila keluarnya tusuk/pisau tadi bersih berarti kue sudah matang. (atau sekedar di tekan dg ujung pisau gently,bila setelah tekanan dilepas kue kembali semua berarti kue udah matang.

dinginkan kue sebelum kita hias jadi kue kupu-kupu

p1030023.jpg
lihat, hasil resepku ini kuenya sangat lembut sekali

Mari kita bikin frosting cream untuk hiasan kue (aku pake cream keju)

p1030024.jpg
1box cream keju philladelphia (180gram), 1 cup double cream, 1sdm vanila essence, icing sugar Β± aku pakai 5sendok besar (200gram), atau menurut selera manis anda dan 100gram butter.

*pertama-tama, mixer butter hingga mengembang, masukkan cream keju dan double cream, dan vanila sambil terus di mixer Β tambahkan gula bubuk sedikit demi sedikit hingga sesuai dg selera manis anda, tapi jangan terlalu lama mixernya cukup sampai tercampur rata saja.

p1030029.jpg
begini caranya mengetest cream frosting itu set apa nggak, kalau sudah set gak bakal jatuh walau mangkoknya di balik πŸ˜€

*Mari kita mulai menghias kuenya jadi kupu-kupu,

p1030025.jpg
pertama-tama potong bagian atas kue sedikit di colek, dan belah jadi dua (untuk di jadikan sayap kupu-kupu)
p1030036.jpg
isi kue yg sudah di potong atasnya dg cream kemudian balikin potongan kue tadi dg posisi sedikit miring supaya kedua sisi berbentuk seperti sayap kupu-kupu
p1030038.jpg
kemudian hias menurus selera, (aku pakai gula pasir yg di campur dg pewarna makanan, pink , ungu dan hijau)
beautyplus_20160317144610_fast.jpg
kemudian terakhir hias dg gula bubuk (pakai ayakan kecil)
img_20160317_144921.jpg
Cupcake kupu-kupu jadi deh… *__*
beautyplus_20160317153421_fast.jpg
silahkan di coba ya…

NB : untuk cream frostingnya bisa pake cream frosting instans (kalau di kampungku ada di toko-toko jual cream timbangan jadi bisa beli 100 gram atau 1kg gtu warnanya putih jd tinggal tambah gula saja dan pewarna kalau suka creamnya warna warni.

Resep strawberry Pie

resep ayam kecap hitam di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/04/16/resep-ayam-kecap-hitam/

image

Bahan 1 :
1cup Tepung terigu
5sdm mentega
4sdm gula halus
Bahan 2 :
1/2cup gula pasir
1/2cup tepung kanji
1cup air
150gr selai stroberi
Stroberi segar dipotong menurut selera
1sdm Double cream (optimal) untuk toping
Caranya :
Campur semua bahan 1 hingga jadi adonan.
Kemudian tipiskan pakai gilingan kue seperti gambar ini

image

Kemudian masukkan adonan yg sudah digiling pada cetakan pie ratakan dg sendok ato pakai tangan aja

image

Diamkan dlm kulkas kurang lebih 20 menit sblm di oven lalu tusuk-tusuk dg ujung garpu

image

Oven selama 15-20menit dg suhu 200 derajat celsius

image

Cara bikin isi :
Campur semua bahan 2 (air,gula,tepung kanji,selai stroberi) kecuali double cream dan stroberi.
Rebus sampai mendidih lalu kecilkan api aduk hingga kental matikan api dan sisihkan sampai dingin.

image

Siapkan stroberi segar

image

Setelah saos dingin campur dg stroberi segar

image

Kemudian tuang ke pie yg sudah di oven

image

Dinginkan dlm kulkas 1jam sebelum dihidangkan, lalu potong dan topping dg double cream atau yogurt

image

U la la yummyyy 😍