Cara membuat LONTONG Bule

resep Ayam isi di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/06/02/resep-ayam-isi/

aku kasih nama Lontong ini Lontong Bule πŸ˜€ karena bungkusnya pake foil dan bikinnya di negara Bule L πŸ˜€ L

Lebaran sebentar laaagiiii !!! nah biasanya neh kalau Lebaran kan pasti ada hidangan khas se Indonesia rata-rata sama deh apa tuh?! ah sudah pada tau deh biasanya Lebaran pasti ada “ketupat” atau “Lontong” taukan bedanya? kalau ketupat bungkusnya pake janur kalau lontong sebagian pake daun pisang sebagian pake plastik, nah untuk versi oarang-orang UDIK/Kampungan seperti diriku ini yg lagi berada di England, alamaak nyari daun pisang susah banget! Di daerahku Inggris selatan bisa beli daun pisang di toko asia cuma..mahal cyiiiinnn trus jauh pulak jadi berhubung Orang udik / orang kampungan seperti aku ini lidahnya tetap udik bin kampungan, pasti sering kangen dg makanan khas Indonesia seperti soto, opor, rendang, dll yg biasanya makanan khas ini ditemenin si “Lontong” ^__^Β ugh! kok malah bercerita sih kan mau berbagi “Cara membuat Lontong” πŸ˜€

Oke deh untuk Kalian para lidah Udik yg ada di luar Indonesia khususnya menjelang lebaran ini aku akan berbagi cara membuat lontong menggunakan alumunium foil / kitchen foil !

20160630_200525.jpg

mang bisa ya? bikin lontong pake alumunium foil? pasti ada yg bertanya-tanya…yuk mari simak caranya…

*cuci beras dan masak menggunakan panci takaran perbandingan beras dan air adalah 1:1 (bila beras 1cup, airpun 1 cup)

*masak dg api sedang aduk sesekali supaya tidak gosong, setelah air menyusut tp tidak benar-benar kering, matikan api

*tutup panci dan biarkan 15 menit supaya tanet (gak tau apa kata lain tanet ya? maksudnya itu biar g becek gitu) “nasi ini hanya setengah matang”

*siapkan alumunium foil ukuran sesuai yg di inginkan

*isi foil dg nasi, kemudian gulung seperti membungkus permen

*potong kedua ujungnya biar nanti kalau direbus bisa muat pancinya

*tusuk-tusuk seperti halnya bikin lontong pake bungkus plastik

*rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan nasi yg sudah di bungkus, (aku pake rice cooker karena males nungguin kompor πŸ˜€ )

*pastikan bungkusan foil ini berenang di panci (maksudnya airnya menutupi semua permukaan foil)

*rebus selama 2-3 jam dg api kecil…dan,

taraaaaa…lontongnya sukses ! ^__*

20160522_173013.jpg
lontongnya cantik dan mulus kenyal duh πŸ˜€

Lontongpun siap di santap dg masakan apapun pilihan anda…soto, opor, rendang, sate, gado-gado dan lain-lain *__*

20160522_175243.jpg
Soto ayam yummyy dg Lontong
beautyplus_20151105173932_fast.jpg
gado-gado *ala saya (lontongnya pake brownrice no nasi putih) dg sayuran dan tempe serta telur rebus

Note : untuk membuat lontong selain menggunakan beras putih bisa menggunakan beras coklat atau beras merah, cuma butuh waktu yg lebih lama untuk merebusnya.

Dengan postingan ini aku dan suamiku (MR dan MRS Van Dam) mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin… ^__^

Advertisements

Resep ayam isi

resep keylime pie di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/05/31/resep-keylime-pie-tanpa-oven/

bahan-bahannya :

*dada ayam (dipentung-pentung) *duh bahasanya pake pentungan πŸ˜€ * biar tipis dan tebalnya sama rata

*2 buah bawang putih dicincang

*50 gram bayam dipotong-potong

*50 gram jamur dipotong-potong

*50 gram keju chedar parut

*1 bungkus keju mozarella (kalo ada)

*garam secukupnya

*1sdt minyak goreng *untuk menumis

*1sdm minyak goreng untuk menggoreng ayam isi

caranya :

*tumis bawang putih hingga wangi, masukkan jamur dan bayam, tumis hingga layu dan tambahkan garam secukupnya, sisihkan

*isi dada ayam yg sudah dipentungin dg keju parut, lalu tumisan bayam dan jamur

*gulung dan goreng (pake tusuk gigi biar gulungan daging tidak terbuka saat di goreng)

“untuk yg gak ada oven dan tak ada mozarella, proses masak cukup sampai disini ( ayam isi di goreng hingga matang)”

Dan untuk yg punya oven dan ada mozarella proses lanjut di oven, waktu goreng ayam isi gak perlu sampai matang tapi cukup ngasih warna di luar saja biar kecoklatan.

*kemudian topping dg keju mozarella dan cabe jalapeno bila suka pedas atau chilli flake atau tomat*

*panggang dalam oven hingga keju meleleh dan daging matang sempurna sekitar 15menit dalam suhu 240 derajat.

Ayam isi pun siap di hidangkan ^__^

20160601_174952.jpg

enak-enaaaak πŸ˜€

Amsterdam-Holland

Note : sekedar catatanku sewaktu di amsterdam,

Ke Amsterdam seminggu yg lalu tujuannya adalah bersilaturrohmi dg adik iparku, Β karena dia pas lagi kerja jadi kami janjian ketemu di restaurant dekat kantornya pas jam istirahat makan siang. Dari desa mertuaku ke Amsterdam sekitar 40 menit naik bis ke amsterdam central kemudian karna masih pagi suamiku bawa aku jalan-jalan,

Suamiku demen banget ambil foto-fotoku tanpa sepengetahuanku tapi hasilnya aku suka πŸ˜€

nah dari duluuu banget suami selalu cerita tentang kentang goreng ini, katanya kentang gorengΒ TERENAKΒ di Belanda nomer 1 ! aku bener-bener penasaran…dan emang beda rasanya tuh enaaaak gurih banget !

P1040037
kentang goreng terenak di Belanda

eh rambutku bagus banget padahal hasil potong rambut sendiri ! neh linknya cara potong rambut segi kyk rambutku ini ,

https://imavandam.wordpress.com/2016/03/16/potong-rambut-sendiri/

P1040049
rambut segi potong sendiri

yg aku suka di Amsterdam ini walaupun ibu kota tapi tak sebising jakarta…dan mayoritas penduduknya yg tinggal di sini tuh rata-rata bersepeda pulang pergi kerja , yg pelajar pun begitu…

P1040031
lagi-lagi suamiku fotoin tanpa sepengetahuanku
P1040041
cuacanya cukup cerah hari itu walau dingin 14 derajat

dan ketika aku melewati manusia yg berdandan ala patung ini, suamiku menyuruhku ngasih koin euro manusia ala patung ini sangat kecil tubuhnya so cute banget dan sok cantik gtu tutup mata eh pas aku masukin koin ke dalam kaleng di depannya dia langsung membuka mata dg mimik wajah yg sangat lucu… πŸ˜€

img-20160527-wa0011.jpgimg-20160527-wa0010.jpg

dan akhirnya kita ketemu deh sama adik iparku makan siang bersama

P1040063

karena tadi udah ngemil-ngemil di jalan jadi makan siangnya cukup yg enteng aja πŸ˜€

P1040060
yg sayuran tuh makan siangku, yg pie dg kacang-kacangan buat suamiku dan yg satunya buat adik iparku

di restoran lantai 7 pas lantai atas tempat adik iparku bekerja tuh standnya banyak banget dan fresh kalau mau makan sayur tinggal pilih sayur apa aja yg di mau ntar di masakin gtu…aku ambil yg udah mateng biar cepet πŸ˜€ ada ikan, ayam, macam-macam kue tart, pie dll !

P1040058

view dari restorant lantai 7,

P1040065P1040067

setelah selesai makan siang dan saatnya adik ipar kembali kerja, aku ngajak suamiku ke toko buku yg terkenal murah di amsterdam ini (kali aja ada buku yg aku minatin)

P1040046
mau ke toko bukuΒ 
p1040047.jpeg
ya ya lagi lagi suamiku ambil foto tanpa sepengetahuanku

dan ternyata aku nemu bukunya “Deborah Rodriguez” authornya buku *The little coffee shop of kabul* yg aku temukan di charity shop beberapa bulan yg lalu dan aku sangat menyukai ceritanya, jadi beli deh…^__^ asyiiiik neh buat baca-baca.

20160602_141112.jpg

pulangnya nenteng 2 kresek πŸ˜€ yg kiri ikan goreng pesenan mertua, yang kanan tadi kebetulan lewat toko baju NY kok lihat baju yoga jadi aku beli baju dan celana buat Yoga,

img-20160527-wa0003.jpg
baju hasil jahit sendiri bagus juga πŸ˜€

dress yg aku pakai hasil jahit sendiri, linknya ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/03/27/imas-collections/