Resep Keylime pie (tanpa oven)

resep ayam blackbean souce di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/05/08/resep-ayam-blackbean-souce/

halo semuanya…aku mau berbagi resep cara bikin keylime pie paling gampang dan tidak ada proses di oven, trus ini sangat berguna buat kalian yg lagi panen alpokad karena disini aku akan bikin pie pake alpokad ^__^

beautyplus_20151224100636_fast.jpg
bisa di cetak kyk gini
beautyplus_20151224100703_fast.jpg
ini penampakan dari atas
20160413_164505.jpg
atau yg gampang seperti ini

bahan-bahan dan caranya :

*bahan pie*

2 buah alpokad yg cukup matang,*belah dan ambil dagingnya

100 gram kacang mente yg sudah matang (goreng atau sangrai) ” boleh di ganti dg kacang yg lain,

150 gram gula halus / setengah kaleng susu kental manis

2 buah jeruk nipis / jeruk lemon, *ambil jusnya

1 sdt vanila bubuk / cair

*caranya,

*blender kacang mente sampai agak halus, masukkan alpokad dan perasan jeruk nipis kemudian tambahkan gula/susu kental manis dan vanila, blender sampai tercampur rata, sisihkan.

*bahan saos coklat dan caranya,

bahan-bahan :

*1 kaleng santan kelapa (diamkan dalam kulkas 1 malam) *boleh di ganti dg “double cream”

*1 bungkus choco chip / 100 gram coklat bar

*1 sdt mentega

*caranya,

*masukkan choco chip dan santan ke dalam mangkok tambahkan santan kelapa “ambil bagian yg kental/atas ” (kalo santan di diamkan dalam kulkas 1 malam maka bagian santan yg kental akan terpisah dg yg cair,yg atas santan yg kental yg bawah cuma cairan)

*masukkan mangkok yg sudah di isi choco chip dan santan kental ke dalam microwave (selama 1-2 menit) *perhatikan jagan sampai santan meluap.(kalo tak ada microwave, pake panci kecil dan panaskan di kompor hingga cukup panas tapi tidak mendidih).

*kemudian keluarkan dari microwave trus di tutup selama kurang lebih 30 detik *jangan langsung di aduk, biar coklat meleleh dg sempurna. (sama halnya bila pake kompor, setelah cukup panas jgn langsung di aduk tapi tutup panci sesaat)

*kemudian baru di aduk hingga rata, lalu tambahkan mentega sambil terus di aduk. (fungsi mentega ini untuk membuat saos coklat kelihatan berkilau)

*saos siap, sisihkan

*bahan crustnya*

*pake biscuit oreo atau biscuit apa saja sesuai selera

*di hancurin seperti gambar di bawah ini, lalu masukkan pada masing-masing cetakan

 

20160413_162911.jpg

*lalu masukkan adonan pie nya,

20160413_163859.jpg

*terakhir masukkan saos coklatnya,

20160413_164505.jpg

KEYLIME PIE dalam mangkok pun sudah selesai, dinginkan dalam kulkas 1 jam sebelum di sajikan.

UNTUK KEYLIME PIE SEPERTI INI,

CARANYA,

*biscuit yg sudah di hancurin tadi di campur dg minyak kelapa / minyak zaitun hingga agak basah, lalu tekan-tekan pada cetakan paling dasar, kemudian masukkan adonan pie nya kemudian topping dg saos coklatnya dan tambahkan buah potongan kiwi / buah strawberry sebagai hiasan.

*diamkan dalam kulkas kurang lebih 1 jam sebelum disajikan ^__^

Advertisements

Inggris – Belanda

Note : sekedar catatan perjalananku dari Inggris ke Belanda.,

20160523_132431.jpg
ini Ryde pier jalan menuju loket pembelian tiket kapal laut

Aku dan suamiku tinggal di Inggris selatan tepatnya di pulau “Isle of wight” suatu pulau kecil yg dikelilingi lautan. Untuk pergi ke Belanda dari Pulau “Isle of wight” pertama-tama kami harus menyeberang laut, dari pelabuhan Ryde ย ke pelabuhan Kota Portsmouth,

20160523_132838.jpg
disini lah kita beli tiket kapal laut untuk menuju ke Kota Portsmouth

dan dari Ryde pier ke pelabuhan Portsmouth cuma 15 menit saja,

20160523_133424.jpg
cuacanya cerah sekali hari itu

dan sesampainya di Portsmouth kami harus cetak tiket kereta yg sudah di booking online (tiket hanya bisa di cetak di mesin ini dan ini cuma satu-satunya mesin) jadi kadang mesti ngantri panjang…

20160523_141249.jpg

dengan kereta ini kami menuju Bandara Southampton jarak tempuh sekitar 1 jam

20160523_151354.jpg
begini dah keretanya

sepanjang jalan kami menatap pemandangan dari jendela kereta ๐Ÿ˜€ sambil bengong hahaha…

akhirnya sampai di bandara southampton,

20160523_152755.jpg

tak lama kemudian check in trus terbang dah…tempat duduknya pas di sayap deh krn aku mang bilang ke suami gak usah milih kursi lah sedapetnya aja eh pas di sayap jadi gak asyik lihat pemandangannya ๐Ÿ˜€

20160523_175701.jpg
pemandangan Tanah Inggris dari atas

sempat-sempatnya loh aku foto hahaha ๐Ÿ˜€ krn aku suka berfoto yg kelihatan gelap kyk gini,

2016-05-23-18-37-12-540.jpg
foto dari dalam pesawat

penerbangan dari Bandara Southampton ke Bandara Amsterdam hanya 50 menit saja, akhirnya tiba di dataran belanda…

dari bandara Amsterdam kami harus naik kereta menuju desa “Nieuwkoop” tempat tinggal mertuaku ,

20160523_191129.jpg
mesin pembelian tiket kereta

nah ternyata hubby pake salah kereta ๐Ÿ˜€ padahal udah aku bilang bukan kereta yg ini eh hubby mah gak percaya alhasil mesti ganti kereta ๐Ÿ˜€ nyari jurusan “Denhaag central” yg lewat desa “Nieuwkoop”

2016-05-23-19-32-09-184.jpg
daripada bengong dengerin musik aja ๐Ÿ˜€

di satsiun mertuaku sudah menunggu…dan melihat kami datang ibu mertuaku langsung peluk cium anaknya sampe nangis-nangis sangking kangennya trus peluk n cium aku, dg berkendara mobil ibu mertuaku membawa kami ke desanya, desa yg permai canal/sungai dimana-mana…

P1040013
foto dari dalam mobil jadi maaf ada pantulan silau dari kaca mobil

Desa yg indah…oh..aku jatuh cinta dengan pedesaan ini… ^__^

Yoga sangat menyenangkan !

similar post :

https://imavandam.wordpress.com/2016/04/26/yoga-rutinitas-sehari-hariku/

Semakin hari semakin aku menikmati Yoga, sangat menyenangkan sekali bisa mengatur nafas dg baik yang sangat bagus untuk kesehatan. Bisa melakukan posisi tertentu dalam yoga asana adalah tantangan tersendiri bagiku dan aku sangat menikmati tantangan itu ! apalagi berhasil menaklukkan posisi tertentu memberi suatu kepuasan batin tersendiri yang mana membuat aku tersenyum lebar dan hal itu bermanfaat untuk menjaga wajah biar tetap awet muda ย ๐Ÿ˜€

2016-05-20-11-34-13-658.jpg
wajahku asli tanpa polesan make up sama sekali di umur yg sudah memasuki 34th bulan depan ini masih mulus jauh dari kerutan / penuaan dini ๐Ÿ˜€

dan yg lebih menyenangkan adalah…di saat aku melakukan yoga asana posisi terlentang, ini lah pemandangan yg aku lihat…walau langit tidak begitu cerah hari ini namun awan di langit menjadi pemandangan yg indah…

bisa melakukan yoga di kebun rasanya sungguh menyenangkan, bukan hanya karena pemandangan langit yg indah dan bunga-bunga ku yg mulai tumbuh tapi juga karn bisa mendengar kicauan burung-burung yg bernyanyi riang, sesekali hinggap di pepohonan yg hanya jarak 1 – 2 meter di sebelahku,

nah sekarang sudah bisa headstand dg variasi kaki yang berbeda ^__^

dan aku masih terus menantang diri sendiri untuk terus jadi lebih lentur demi kesehatan dan panjang umur *dokter science berkata, kelenturan tubuh seseorang bisa mengukur panjang umur orang tsb* ย terlepas umur itu di tangan Tuhan “pastinya” tapi sebagai manusia kita harus berusaha bila ingin panjang umur tentu harus jaga kesehatan, panjang umur bukan berarti orang yg hidupnya mencapai angka tertentu misalnya 100th bukan ! tapi panjang umur yg aku maksud disini lebih keย KUALITASย  bukanย KUANTITAS , apalah artinya hidup mencapai angka 80, 90, atau 100 th bila kita sakit-sakitan? jauh lebih baik hidup di angka yg lebih rendah namun dg hidup yg sehat maka hidup itu indah berkualitas!

Badan Vs motor,

aku jadi inget beberapa temen yg komennya nyinyir melihat aku aktif yoga dan jaga pola makanan,

Kita hanya memiliki 1 badan, yg bila kita tidak menjaga kesehatan badan ini kemana kita akan mencari gantinya? Terkadang aku heran dengan pola pikir orang yg suka bilang padaku “halah yoga gak yoga kalo waktunya mati ya mati” iya bener kalau waktunya mati ya pasti mati gak salah emang ย ๐Ÿ˜€ tapi paling nggak kan kita usaha jaga kesehatan paling nggak ntar mati nya yg gak susah-susah gitu gak pake rawat inap di rumah sakit karena lumpuh lah karena darah tinggi lah karena serangan jantung lah karena stroke lah…iya kan? ๐Ÿ˜€ ya mudah-mudahan hidup sehat mati pun gak sekarat ^__^

nah giliran urusan badan sepele banget, giliran urusan motor gigih banget jaganya, ganti oli, bensin jangan sampe kosong, di angetin sebelum di pake biar mesinnya awet katanya, kok lebih sayang motor dari pada badan sih? ๐Ÿ˜€

HAPPY FRIDAY EVERYONE ^__^

 

Resep ayam Blackbean sauce

resep mihun goreng saos tiram di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/05/08/resep-mihun-goreng-saos-tiram/

Bahan-bahan :

200-300 gram ayam (paha/dada/sayap)

1sdm jahe diiris

2sdt saos blackbean

gula secukupnya

1gelas air

1sdt minyak

2sdm daun kemangi dicincang kasar

Caranya :

tumis jahe hingga wangi, masukkan ayam tumis hingga berubah warna, tambahkan air dan saos blackbean, aduk rata tutup dan masak dg api kecil selama 30-40 menit/ hingga matang, tambahkan gula secukupnya aduk rata dan terakhir masukkan daun kemangi, walla…ayam saos blackbean siap di hidangkan…

ayam saos blackbean siap dihidangkan,

20160508_173348.jpg

Resep mihun goreng saos tiram

resep nasi ayam di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/05/08/resep-nasi-ayam/

bahan-bahan :

100 gram mihum (direndam dg air biasa selama 20menit/sampai lunak)

50 gram wortel dipotong korek api

50 gram kubis diiris

50 gram taoge

50 gram jamur

2sdm bawang daun dipotong-potong

air 1 gelas

1sdm minyak

Bumbu :

1sdm bawang putih dicincang

saos tiram secukupnya

Caranya :

tumis bwg putih hingga wangi, lalu masukkan jamur dan terus tumis hingga jamur layu, masukkan wortel dan kubis tumis lagi hingga kubis dan wortel layu kemudian tambahkan 1 gelas air dan saos tiram secukupnya, biarkan hingga mendidih baru masukkan mihun yg sudah direndam, aduk rata masak dg api sedang hingga air terserap baru masukkan taoge dan potongan daun bawang aduk rata, sajikan… ^__^

mihun goreng saos tiram siap di sajikan,

20160508_173419.jpg

Resep Nasi ayam

Resep sate madura di link ini :
https://imavandam.wordpress.com/2016/05/05/resep-sate-madura/?preview=true

Bahan-bahan :

*200-300 gram ayam (paha/dada/sayap)
*1cup takaran nasi (dicuci dan di rendam 20-30menit kasih sedikit garam biar nasi lebih gurih) tiriskan.

*2sdm Bawang putih ciincang dan

*1sdt garam

*7 iris jahe

*2sdm butter / mentega

Caranya :


*Panaskan wajan / teflon masukkan mentega lalu goreng ayam sampai berubah warna, angkat dan sisihkan.

*tumis bawang putih dan jahe hingga wangi pakai mentega bekas goreng ayam lalu masukka beras yg sudah direndam tumis sebentar,

*Kemudian masukkan ke ricecooker dan tambahkan air seperti biasa ketika menanak nasi (aku pake brownrice jd 1cup : 3cup air kebetulan brownrice merk yg ini nasinya keras )

*tambahkan 1sdt garam
*taruh ayamnya di atas beras dan masak bareng dalam ricecooker

Nyalain ricecookernya seperti biasa,biarkan hingga matang dan jgn buka ricecooker 10menit setelah nasi matang,

*mari bikin sambal nasi ayamnya,

(Biasanya sambalnya pisah-pisah, ada parutan jahe, bwg putih dan cabe) disini aku jadiin satu,
*bwg putih 1 buah
*jahe 1/2 ruas jari
*cabe rawit 1 buah
# blender semua bahan sambal dg sedikit air/pakai air kuah ayam #

*sekarang bikin kuah sup ayamnya

20160505_154510.jpg

#aku pake 1 sayap ayam ,1 batang daun bawang dan 3 iris jahe, 3gelas air, rebus hingga mendidih lalu kecilkan api dan masak selama 20-30menit kira-kira sup sisa 2 gelas , tambahkan garam secukupnya,

 

Nasi ayam siap disajikan dg sup dan sambal ๐Ÿ˜

20160505_173707.jpg

 

Resep Sate Madura

resep mie kuah tomyam di link ini :

https://imavandam.wordpress.com/2016/05/01/resep-mie-kuah-tom-yam/

Pas pengen sate pas lagi Bank holiday jadi asyik suasananya pas…

TEEEE SATEEEE duh enak banget cuacanya udah lebih anget jadi bisa bakar sate di luar rumah *benar-benar berasa sate kalo bakarnya pake arang ! kalo pake oven bukan sate madura namanya,

aku bilang ini sate madura karena aku asli keturunan orang madura dan resep ini aku belajar dari ibuku di kampung !

Bahan-bahannya : (resep untuk 2 orang)

bahan 1 :

*300gram Daging ayam dipotong-potong (boleh ganti dg daging sapi/daging kambing) sesuai selera

*6 potong sayap ayam

*bawang bombay dipotong-potong *kreasi tambahan dariku sendiri biar pas di bakar wanginya tambah semerbak !

*tusuk sate secukupnya *jangan lupa…kalo gak di tusuk bukan sate namanya ๐Ÿ˜€

bahan 2 : (bahan 2 ini yg jadi ciri khas resep sate madura ala ibuku)

*saos ikan

*2 buah bawang merah diiris-iris

*minyak sayur (aku pake minyak zaitun)

bahan 3 : (bumbu saos kacang)

*5 sdm minyak goreng

*7 buah buah bawang merah

*5 buah bawang putih

*3 genggam kacang tanah

*1 buah cabe rawit (kalo suka pedas silahkan tambah)

*petis ikan ( aku ganti dg saos tiram karena di UK tempatku gak nemu petis lol ๐Ÿ˜€ tapi ternyata rasanya pas ) *petis ikan ini khas rasa bumbu saos kacang sate madura ala ibuku.

*kecap manis secukupnya

*gula dan garam secukupnya

*air secukupnya

Caranya :

*setelah daging ayam dipotong-potong kemudian ditusuk pake tusuk sate (sisipkan bawang bombay di setiap tusukan sate), sayap ayam ditusuk pake tusuk sate juga biar enak bakarnya

*setelah ditusuk semua bahan 1, campur bahan 2 (saos ikan, irisan bawang merah dan minyak sayur) mandikan /guling-gulingkan daging yg sudah ditusuk jadi sate (kenapa ditusuk dulu baru di bumbuin? supaya pas nusuknya gak licin) supaya bumbu meresap “gak perlu tambah garam dll karena saos ikan ini sudah asin dan gurih”

Mari kita bikin saos kacangnya :

*goreng kacang sampai cukup matang, angkat dan sisihkan

*goreng bawang merah dan bawang putih dg sedikit minyak sisa goreng kacang, tumis bawang sampai wangi dan layu,kemudian masukkan cabe rawit tumis sampai cabe lunak, matikan api

*Pake blender/ ulekan untuk menghaluskan bumbu yg sudah di goreng, tambahkan petis ikan/ saos tiram, kecap, garam dan gula secukupnya, kemudian tambahkan air hingga tingkat kekentalan saos kacang sesuai selera anda *aku suka yg kental banget

NB : silahkan tambahkan bawang goreng sesuai selera (aku lebih suka tambahin potongan daun ketumbar)

20160502_181513.jpg
bumbu kacang khas madura *resep dari ibuku

eh jangan lupa bakar satenya ๐Ÿ˜€

 

NB : sisa bumbu dari daging buat olesan ketika sate di bakar

20160502_181801.jpg
aku bakar sate sayap

Sate madura resep ibuku sudah siap disantap ๐Ÿ˜€ suamiku keburu laper sementara sate sayapnya masih di bakar ๐Ÿ˜€ *lagian sate sayap mang favoritku hehe ^__^